Rabu, 08 Februari 2012

Banyak Ilmu dan Pengalaman Organisasi

Satu tahun berakhir.....

24 Januari 2011 aku dan 82 pengurus Himpunan Mahasiswa Teknik Planologi 2011 resmi dilantik. 14 Januari 2012 kami Laporan Pertanggungjawaban dan 15 Januari 2012 kami resmi dimisioner.

Banyak cerita yang aku goreskan bersama mereka mulai dari suka, duka, serius, bahkan canda tawa. Nilai dan ilmu yang ku miliki ku bagi dengan mereka, begitu pun mereka, berbagi ilmu dengan yang lainnya. Organisasi intern Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota-Undip yang kami perjuangkan dikenal lebih baik, turut aktif pula di Fakultas, bahkan image tak pernah muncul di FT pun hilang. Syukur ku ucapkan atas kerjasama yang telah kalian perjuangkan selama 1 tahun kemarin.

Pengurus Harian HMTP 2011 yang kompak. Walaupun kami tak ayal berbeda pendapat bahkan pernah mengalami tangis kekecewaan. Tetapi, kami saling melengkapi satu sama lain.



(KiKa) Chika, Aku, Bani, Sonia, Lupita, Heni

Special thanks to Bani Dipra Ramdani (Ketua Himpunan) yang menjadikan aku sebagai kepercayaannya. Bimbingan, arahan, target, dan amanah-amanah yang diberikan membuatku menjadi organisator yang lebih bertanggung jawab, kerja lebih terstruktur, dan merasa berguna untuk orang sekitar. Sosok ketua yang tak pernah meninggalkan pengurus lainnya sedirian ketika sedang melaksanakan tugas organisasinya. Tak pernah ku rasakan ia meninggalkanku ketika ku mengurus kesekretariatan di Ruang Himpunan. Aku harap ku temukan sosok itu di tempat baruku.

Big hug to my partner Lupita Fajri Annisa. Rekan kerjaku selama satu tahun. Sebenarnya dia lah yang sekretaris dari awal, pengalamannya di dunia kesekretariatan lebih tinggi dariku. Dulu aku bendahara departemen, dekat sekali dengan uang, pengalamanku hanya satu kali menjadi sekretaris program kerja, sudah hanya itu. Lupita berapa kali menjadi sekretaris program kerja? Bahkan dia seperti sekretaris angkatan. Handal! Tadinya aku diminta jadi bendahara himpunan tapi aku nggak mau. Tapi, dengan rasa ingin tahu yang tinggi, kemauan, dan komitmen di awal kepengurusan aku bisa menjadi lebih baik dan menjadi sekretaris dengan predikat dari Kahim dan Wakahim "Sekretaris Berdedikasi Tinggi" (akhirnya buka kartu juga). Pastinya yang paling membanggakan, aku dengan Lupita berhasil membuat kesekretariatan jauh lebih terstruktur dan rapi sangat.

Produk yang paling ku suka adalah LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN 1 PERIODE HIMPUNAN MAHASISWA TEKNIK PLANOLOGI 2011 yang ada di Ruang Himpunan tercinta. Produk dengan rincian laporan kondisi personal pengurus, laporan sekretaris, bendahara, program kerja setiap departemen, dengan lampiran laporan keuangan himpunan, rekapitulasi surat masuk dan surat keluar atas nama himpunan dan departemen, foto-foto kegiatan selama 1 periode kepengurusan, serta lampiran produk surat yang telah dibuat. Laporan yang sangat memuaskan, walaupun pada hakekatnya tak ada gading yang tak retak. Namun, usaha, jerih payah, dan komitmen kami berdua, Kahim dan Wakahim, kedua Bendahara himpunan, kelima Kepala Departemen, ketujuh Sekretaris Departemen, keenam Bendahara Departemen, serta seluruh ketua divisi dan staf departemen. Ini foto lembar pengesahannya. Bukti sah! Bismillah....semoga menjadi contoh yang baik untuk menjadi himpunan yang lebih baik.. ^_^

Apapun jabatanmu, apapun peranmu, apapun instansi atau lingkunganmu. Itu bukan perkara ataupun sebuah gengsi. Yang terpenting, bagaimana kamu berkomitmen dan berkontribusi yang terbaik. Teringatku kalimat yang masih terpasang kuat di benakku dari pelatih teaterku ketika duduk di bangku sekolah menengah. "Kata siapa peran menjadi ornamen pohon atau awan itu tidak penting? Kalau tak ada mereka apakah cerita yang dihasilkan hidup? Kata siapa peran menarik layar itu rendah? Kalau tak ada dia, drama kalian pindah latar ketauan orang. Kesempurnaan akan dihasilkan dari hal-hal kecil. Bangga lah apapun tugasmu!". Ada satu kalimat favoritku untuk orang-orang "Jadilah ikan kecil di kolam besar untuk menyerap ilmu, kemudian jadilah ikan besar di kolam kecil yang berguna untuk ikan-ikan lain"

Ini lah keluargaku Himpunan Mahasiswa Teknik Planologi 2011


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar